Translate

Friday, May 15, 2015

Tokoh Postmodern-Postrukturalis

Tokoh Postmodern-Postrukturalis
Roland Bartes (1915-1980)

Dia bersal dar prancis namun hampir seluruh  hidup dihabiskan belajar diluar prancis. Dia tertarik dengan semeotika (tanda)  karya  terkenalnya adalah Mythologies.

Gilles Deleuze (1925-1995)
Ia  professor  di Uneversitas Paris VIII, tulisan dia banyak menulis sastra dan film beberapa tulisan dia yang terkenal adalah Capitalism And Schizopherenia: Anti-Oedipus Dan A Thausand Plateaus, kedua karaya ini di susun dengan teman filsufnya Felix Guattari

Jacques Derrida (1930-)
Dia lahir di al-jazair kemudia pindah ke Prancis untuk beljar di  Ecole Normale Superieure.  Dalam ajaranya filsafat adalah wacana sastra manusia yang sama dengan wacana lain, dan tidak dapat berbicara mengenai kebenaran  yang tidak terkungkung oleh waktu dan bersifat abstrak. Dia mashur dengan bebrapa istilah yang menjadi pijakan pemikiran dia seperti “Difference” dan “Dekontruksi”. Bebrapa karangan dia yang terkenal adalah  Of Grammatology, Writing And Difference Dan Spirit Of Marx. Minat dia adalah terhadap hazanah sastra,, Filsafat, Seni , Etika, Agama, dan politik.

Michel Foucault (1926-1984) 
Dia merupakan pemikir Prancis yang menaruh kecurugaan terhadap semua kekutan di belakang pengetahuan: siapa yang berhak mengatakan kebenaran kepada anda? ia mengikuti  NIetzche dalam berusaha melacak dasar pemikiran atau dogma, “arkeologi” dalam disiplin ilmiah.  Dia menulis isu tentang  berbagai  kajian lintas budaya  seperti  bagai mana kita memperlakuakan kegilaan,  kejahatan, penyiksaan dan seksualitas.  Adapun naskah penting dia adalah Madness And Civilization, The History Of Sexuality, Dan Archeology Of Knowledge.

Luce Irigaray (1932-)
Dia merupakan pemikir feminis prancis dan berpraktek sebagai analis. Dia banyak menyoal maskulin dalam pandngan filsafat barat.  Tulisan filsafat dia banyak menggunakan liris  dan puitis ketimbang sisteatis dan logis. Karang dia yang terkenal adalah Speculum Of The Other Women , This Sex Wich Is Not One, Dan An Ethics Of Sexual Difference.

Julia Kristeva (1941-)
Dia merupakan pemikir feminis dari bulgeria , dan datang untuk bekerja di paris tahun 1960-an ia bekerja dengan Derrida dan kelompok pemikira radikal lain dalam kelompok TElQuel. Dia kamudian bekerja di  di bidanag seksualitas, femeinisme etika, dan kesehatan mintal.  Tulisan dia anatara lain; Tales Of Love, Strengers To Ourselves, New Maladies Of Soul,  Dan Black Sun: Depression And Milancolia. Ia professor linguistik di uneversitas paris VII dan seorang Pisikoanalisis.

Jagues lacan (1901-1981)
Lacan menegembangkan karya frued di prancis, ide has dia adalah bahwa ” jiwa” kita atau “diri” kita di bentuk oleh bahasa selama kita tumbuh. Tidak ada “diri” aktual dalam diri kita.  Bahasa dunia wacana manusia memebentuk kita dan diri kita. Pemikiranya banyak berpenagruh pada tokoh postmodern tertuma pada Irigaray dan Kristeve.

Emmanuel levinas (1906-1995)
Dia dari Lithuania dating ke prancis pada tahun 1930-an yang latanr blakang dia adalah yahudi.  Dan merasa prihatain tentang “ada” dan “jati diri” yang terlau berat sebelah dalam filsafat barat. Dia membawa kajian etika kedalam eksistensi. Karangan dia yang terkenal adalah Time And The Other, Totally And Infinty, dan Other Wise Than Being.

Jean francois lyotard    
Lyotard mengajar di uneversitas Paris VIII di Vencennes dan di Uneversitas California di Irvine. Ia meninggalakan filsafat barat barat klasik yang berusaha menyususn penjelsan menyeluruh dan kebenran abadi. Kata dia kalau haldemikian yang di kembangkan kita hanya akan mendapatkan pemahaman yang parsial. Naskah karangan dia adalah. The Postmodern Condition   


Oleh: M. Adi
Pegiat di Lembaga Kajian Filsafat Sosial  (LeKFiS)

Load disqus comments

0 komentar