Translate

Tuesday, July 18, 2017

KH . Abbas Abdullah . Buntet Cirebon


Dia merupakan ulama Bessar Yang mempunyai Semangat Nasionalisme Tinggi, juga merupakan ulama yang sangat pemberani dan merupakan pejuang yang terkenal Punya kesaktian dan kekebalan, saat beliau menghadapi musuh. Selain itu dia merupan seorang ulama yang memberikan sumbangsih yang sangat tinggi di pondok pesantren Buntet cirebon, Tahun (1300-1365H)

Di samping Beliau juga sebagai seorang yang punya kanuragan dan kesaktian tinggi. beliau  tidak diragukan lagi mengenai Kesaktian dan kedalaman ilmu agamanya. dia mempunyai ribuan santri di pesatren Buntet. Cirebon dia juga Terkenal dengan ulama yang ahli fikih dan usul fikih serta beliau mempunyai wawasan yang sangat luas terutama dalam masalah permandingan madzab dan hilafiyah. disisi lain beliau juga mempunyai santri yang terkenal dengan ahli fikih Yaitu Prof. Dr. KH. Ibrahim Hesein

beliau merupakan Ulama kelahiran Cirebon Tgl 24 Dzul Hijjah 1300 H. sementara ayah handa beliau  beliau adalah KH. Abdul jamil bin KH. Muta'ad. beliau lahir dalam keluarga yang sangat kental akan agama. sejak masih kanak-kanak beliau sudah mendapatkan pendidikan dari ayahandanya langsung. beliau di ambil mantu oleh Kh. Muayyim pendiri pondok Pesantren Buntet.

sementara setalah dia belajar mengaji dari ayahandanya beliau meneruskan mengaji Di pesantren sukanasari, plered cirebon yang di asuh oleh KH. Nasuha. namun beliau tidak berhenti hanya sampai disitu. beliau masih melanjutkan ngaji di pesntren Jatisari dalam asuhan KH. Hasan. setelah beliau mengaji dalam Wilayah kasultanan cirebon beliau masih melanjutkan mengaji kejawa tengah dan jawa timur.

Jiwa Nasioanlisme KH. Abbas

dalam gejolak kemerdekaan KH. Abbas sudah tidak di ragukan lagi beliau mempunyanyi semangat dan jiwa Nasionalisme yang sangat tinggi. dalam pecahnya perang di surabaya tepatnya 10 November 1945 melawan tentara sekutu. yang kemudian semua ulama sepakat untuk memberangus tentara sekutu lahirlah Resolusi Jihad yang hal itu dilakukan musyawarah di Tebu Ireng 22 Oktober 1945. walau beliau pada saat itu sudah dalam usia sepuh beliau bukan menjadi komando di baris belakang tapi beliau menjadi komando terdepan dalam melawan penjajah.

setelah pertempuran itu terjadi KH. Abbas kena tembak tapi tidak mempan. dan setelah usai perang beliau ikut perundingan Linggar jati Cirebon yang melahirkan Perjanjian Linggar Jati (15 November1946). Perjanjian yang di buat dengan belanda tentu sangat menyakitkan bagi beliau. Karena Benda mengakui wilayah Indonesia hanyalah. Jawa Sumatra dan kalimantan. sedangakan yang lain masih dalam genggaman Belanda. setelah itu beliau jatuh sakit dan ahirnya beliau Wafat pada Hari Ahad 1 Rabiul Awal 1365 H. janazah beliau di makamkan Di kawasan pemakaman keluarga Buntet Cirebon


Itulah Informasi Saya Mengenai Syekh Abbas Buntet Cirebon 




Load disqus comments

2 komentar